Le Grand Voyage

Berbincang soal film emang g ada habisnya. Sebuah film bisa membuat seseorang senang ataupun sedih, film juga bisa menginspirasi seseorang. Salutlah sama crew pembuat film, tentunya untuk film-film yang berkualitas. Salah satu film favorit saya, yang saya anggap berkualitas dan beberapa festival film pun mengakui bahwa film ini berkualitas, judulnya adalah Le Grand Voyage (Perjalanan Akbar). Saya tau film ini dari dulu pas jaman masih SMA sering nonton Cinema-Cinema di RCTI, waktu itu Cinema-Cinema lagi ngebahas tentang festival film Perancis di Jakarta, dan film ini adalah salah satu film yang akan ditayangkan. Melihat trailer filmnya langsung suka dan pengin banget nonton, tapi apa daya, dan berharap segera diputer di TV, tapi kan dulu masih jarang banget film-film bioskop ditayangin di TV, apalagi film festival kayak Le Grand Voyage ini. Dan akhirnya setelah penantian  yang sangat lama (film ini diputar tahun 2004, saya baru nonton di akhir 2009) dan emang saya sering nongkrongin World Cinema di MetroTV yang sering nayangin film-film kelas dunia, diputarlah Le Grand Voyage…huaaa, langsung deh TV kosan saya jarah..hehe.

Le Grand Voyage merupakan film produksi Perancis. Berkisah tentang perjalanan akbar atau lebih tepatnya perjalanan ibadah haji seorang ayah dari negara asalnya Perancis ke Masjidil Haram (Mekkah) dan meminta putranya untuk mengantar perjalanan akbarnya. Cerita yang sangat menarik dan penuh makna kehidupan antara ayah dan anak ada saat perjalanan mereka berlangsung. Perjalanan naik haji ini bukan menggunakan pesawat terbang agar cepat sampai ke Mekkah, melainkan menggunakan mobil pribadi. Wew, dari Perancis ke Mekkah dengan mobil (bayangkan seberapa jauh perjalanannya dan berapa lama waktu yang dibutuhkan). Saat dalam perjalanan sang anak menanyakan mengapa sang ayah lebih memilih mobil daripada pesawat untuk sampai ke Mekkah, dan sang ayah menjawab, bahwa berjalan kaki lebih baik daripada naik kuda, naik kuda lebih baik daripada naik mobil, naik mobil lebih baik daripada naik kapal laut, dan naik kapal laut lebih baik daripada naik pesawat, dan aku masih ingat, dahulu kakekmu naik haji menggunakan keledai.

Perjalanan dimulai dari Perancis melewati berbagai negara di Eropa, negara Timur-Tengah, hingga sampai ke Mekkah. Dalam perjalanan akbar ini berbagai rintangan terjadi. Mulai dari pertengkaran internal antara ayah dan anak, yang emang dasarnya sang ayah yang keras kepala dan sang anak yang egois, sehingga pertengkaran kecil sering terjadi, kemudian ada kejadian saat kehilangan duit saat diperjalanan karena kecerobohan anaknya, terus kejadian tertimbun salju, kejadian bertemu wanita misterius, dan kejadian-kejadian lain yang patut dijadikan pelajaran untuk keduanya.

Inti dari perjalanan akbar ini bukanlah semata perjalanan sang ayah menunaikan ibadah haji, melainkan perjalanan sang anak untuk menemukan arti kehidupan yang sesungguhnya dari perjalanan akbar ini. Dari perjalanan ini, sang anak memperoleh perjalanan spiritual yang mengubahnya menjadi lebih menghargai hidup. Sang anak mendapatkan pelajaran berharga dari berbagai rintangan yang dia dan sang ayah hadapi dan selesaikan bersama. Akhir cerita dari film ini sangatlah mengharukan, yang membuat penyesalan mendalam bagi sang anak, yaitu sang ayah meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji. Sang anak sangat menyesal karena belum sempat meminta maaf kepada sang ayah.

Kira-kira begitulah isi cerita dari film Le Grand Voyage ini. Cerita dari film ini sederhana tapi sangat bermakna, sangat menginspirasi, ceritanya tidak mengada-ada karena sangat dekat dengan cerita kehidupan sehari-hari. Oh ya, syuting film ini, perjalanan dari Perancis ke Mekkahnya benar-benar dilakukan dengan menaiki mobil, dan pas setting ibadah hajinya dilakukan pas dengan bulan haji, jadi memang benar-benar itu setting ibadah haji sesungguhnya. Wew, keren dah pokoknya ni film, 2 thumb up for this film!! I Love it!! ❤

Masih banyak juga film-film berkualitas, kebanyakan sih film festival yang belum sempat saya tonton karena belum ada di TV maupun susah sekali didapatkan diinternet. Wew..mari hunting film-film world class!! Selamat menonton!! Oh ya, jangan lupa cintai film Indonesia, tapi pinter-pinter aja milih film yang bagus ya!! Maju terus perfilman Indonesia!!

Glee Effect

Glee effect may be was spread to all of the people that has ever seen the Glee Tv series. For the example,  it’s happened in The Ohio State University. On Monday, May 3, 2010 around 12.35 PM, suddenly The Ohio Union, that include of staffs and students dance together in the great hall, dance on Glee style with backsound music Don’t Stop Believin’ . It’ s so awesome, attractive and great choreography!! Enjoy the video!!

Spaghetti ala Parah Kuwin

Begini ceritanya..

Hari Kamis, pas tanggal merah, kami para ibu-ibu ilkomerz43 (6 orang doang sih) mengadakan acara masak-memasak. Kami menginginkan masakan yang enak dan gampang cara buatnya. Ahaaaa..pilihan jatuh ke Spaghetti. Dengan ke-sotoy-an dan resep hasil googling, akhirnya kami memasak makanan asal Itali itu.

Pertama-tama, kami berbelanja ke mini market terdekat untuk membeli semua bahan yang dibutuhkan. Bahan utama yang kita beli antara lain spaghetti mentah, saus spaghetti, kornet, keju cheddar, tak lupa pula membeli bahan tambahan antara lain bawang bombay, bawang putih, tomat, merica bubuk, wortel, dan jamur.  Belilah bahan-bahan secukupnya, biar hemat..hehe.

It’s time for cooking!!!
Bahan-bahan sudah siap. Saatnya bagi-bagi tugas. Ada yang bertugas iris-mengiris, rebus-merebus, cuci-mencuci, dan kegiatan lain yang diperlukan..hoho.  Acara masak-memasak pun dimulai. Inilah cara memasak Spaghetti ala Parah Kuwin :

1. Rebus spaghetti mentah dengan air secukupnya, dalam waktu 5-7 menit, atau sampai kenyal. Kemudian tiriskan.
2. Untuk sausnya,  goreng dulu bawang putih dan bawang bombay sampai harum,
3. Masukkan kornet, masak sampai kecoklatan,
4. Masukkan wortel (jangan lupa wortel dicuci dulu sebelum dimasak),
5. Masukkan jamur, tambah air secukupnya,
6. Setelah lumayan matang, masukkan saus spaghetti instannya,
7. Masukkan tomat,
8. Tambahkan garam, gula pasir, dan merica bubuk secukupnya,
9. Masak hingga mendidih, dan
10. Saus Spaghetti ala Parah Kuwin siap disajikan.

Saat penyajiannya, atur spaghetti di dalam piring, tambahkan saus spaghetti yang telah dimasak, dan supaya lebih lezatos taburi dengan keju cheddar parut. Hmmmm…yummy!!! This is it Spaghetti ala Chef Parah Kuwin!!

"Spaghetti ala Chef Parah Kuwin"

"Spaghetti ala Chef Parah Kuwin"

Oooowwwh..tak kuasa kami menghabiskannya..kenyaangg sekaleee…!!! Mungkin g ada saus spaghetti seperti resep kami ini. Saus spaghetti hasil imajinasi kami..huhuhaaha (sampe terheran-heran kita melihatnya….masakan apaaa ini!!) Boleh dicoba, tidak berbahaya kok, aman untuk pencernaan.  Selamat mencoba (goodluck)!!

Nge-Ramen @Daiji Raamen

hungry..lapeeer..lapeerrr…
mo makan apa y?? makan di mana nih??
pengin mie ramen…beli di mana y??

Hampir 4 tahun di Bogor, tapi jarang banget keliling Bogor buat icip-icip aneka kuliner yang ada di Bogor. Ada rekomendasi dari teman, kalau pengin mie ramen, ada tempat makan namanya Daiji Raamen, mie ramen di situ enak katanya. Hmmmm…boleh tuh!! Akhirnya saya dan teman-teman (kita ber-sembilan) memutuskan untuk go to tkp buat icip-icip mie ramennya.  Let’s go Gals!!

Daiji Raamen ada di Jalan Padjajaran Indah, Bogor, deket Wisma Rengganis. Menunya banyak, g cuma mie ramen aja, tapi ada yakiniku, teriyaki, dll, minumnya juga ada, sampe bingung milihnya. Menu yang kita pilih tentu saja menu mie ramen, dan pilihan jatuh ke gyuu miso raamen, ebi tempura miso raamen, gyuu shoyu raamen, ebi tempura shoyu raamen, dan ebi tempura curry raamen.  Selain menu mie ramen, kita juga pesan minuman, menu yang dipilih antara lain sweet ocha (es teh manis), ryokucha (teh hijau), aka to shiro (sirup stroberi dikasih lemon), pudding, dan cappucino.  Harga menu mie ramen yang kita pesan mulai dari 24000 sampe 28000, kalau minumannya dari 3000 sampe 7500, harga g pake pajak 10% kok.

This is it…menu mie ramen dan minuman yang kita pesen..

"gyuu shoyu raamen"

"gyuu shoyu raamen"

"gyuu miso raamen & aka to shiro"

"gyuu miso raamen & aka to shiro"

"ebi tempura shoyu raamen & sweet ocha"

"ebi tempura shoyu raamen & sweet ocha"

"minuman"

"minuman"

Huaaaa…oichii..delicioso, lezatos dah, kenyaaaanggg..Alhamdulillah. Sekian laporan wisata kuliner kita, mungkin kegiatan dadakan ini akan berlanjut ke tempat makan yang lebih oks lagi,  sasaran masih di sekitar Bogor.  Manjakan lidah anda dengan makanan bergizi…hihii 😀