Le Grand Voyage

Berbincang soal film emang g ada habisnya. Sebuah film bisa membuat seseorang senang ataupun sedih, film juga bisa menginspirasi seseorang. Salutlah sama crew pembuat film, tentunya untuk film-film yang berkualitas. Salah satu film favorit saya, yang saya anggap berkualitas dan beberapa festival film pun mengakui bahwa film ini berkualitas, judulnya adalah Le Grand Voyage (Perjalanan Akbar). Saya tau film ini dari dulu pas jaman masih SMA sering nonton Cinema-Cinema di RCTI, waktu itu Cinema-Cinema lagi ngebahas tentang festival film Perancis di Jakarta, dan film ini adalah salah satu film yang akan ditayangkan. Melihat trailer filmnya langsung suka dan pengin banget nonton, tapi apa daya, dan berharap segera diputer di TV, tapi kan dulu masih jarang banget film-film bioskop ditayangin di TV, apalagi film festival kayak Le Grand Voyage ini. Dan akhirnya setelah penantian  yang sangat lama (film ini diputar tahun 2004, saya baru nonton di akhir 2009) dan emang saya sering nongkrongin World Cinema di MetroTV yang sering nayangin film-film kelas dunia, diputarlah Le Grand Voyage…huaaa, langsung deh TV kosan saya jarah..hehe.

Le Grand Voyage merupakan film produksi Perancis. Berkisah tentang perjalanan akbar atau lebih tepatnya perjalanan ibadah haji seorang ayah dari negara asalnya Perancis ke Masjidil Haram (Mekkah) dan meminta putranya untuk mengantar perjalanan akbarnya. Cerita yang sangat menarik dan penuh makna kehidupan antara ayah dan anak ada saat perjalanan mereka berlangsung. Perjalanan naik haji ini bukan menggunakan pesawat terbang agar cepat sampai ke Mekkah, melainkan menggunakan mobil pribadi. Wew, dari Perancis ke Mekkah dengan mobil (bayangkan seberapa jauh perjalanannya dan berapa lama waktu yang dibutuhkan). Saat dalam perjalanan sang anak menanyakan mengapa sang ayah lebih memilih mobil daripada pesawat untuk sampai ke Mekkah, dan sang ayah menjawab, bahwa berjalan kaki lebih baik daripada naik kuda, naik kuda lebih baik daripada naik mobil, naik mobil lebih baik daripada naik kapal laut, dan naik kapal laut lebih baik daripada naik pesawat, dan aku masih ingat, dahulu kakekmu naik haji menggunakan keledai.

Perjalanan dimulai dari Perancis melewati berbagai negara di Eropa, negara Timur-Tengah, hingga sampai ke Mekkah. Dalam perjalanan akbar ini berbagai rintangan terjadi. Mulai dari pertengkaran internal antara ayah dan anak, yang emang dasarnya sang ayah yang keras kepala dan sang anak yang egois, sehingga pertengkaran kecil sering terjadi, kemudian ada kejadian saat kehilangan duit saat diperjalanan karena kecerobohan anaknya, terus kejadian tertimbun salju, kejadian bertemu wanita misterius, dan kejadian-kejadian lain yang patut dijadikan pelajaran untuk keduanya.

Inti dari perjalanan akbar ini bukanlah semata perjalanan sang ayah menunaikan ibadah haji, melainkan perjalanan sang anak untuk menemukan arti kehidupan yang sesungguhnya dari perjalanan akbar ini. Dari perjalanan ini, sang anak memperoleh perjalanan spiritual yang mengubahnya menjadi lebih menghargai hidup. Sang anak mendapatkan pelajaran berharga dari berbagai rintangan yang dia dan sang ayah hadapi dan selesaikan bersama. Akhir cerita dari film ini sangatlah mengharukan, yang membuat penyesalan mendalam bagi sang anak, yaitu sang ayah meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji. Sang anak sangat menyesal karena belum sempat meminta maaf kepada sang ayah.

Kira-kira begitulah isi cerita dari film Le Grand Voyage ini. Cerita dari film ini sederhana tapi sangat bermakna, sangat menginspirasi, ceritanya tidak mengada-ada karena sangat dekat dengan cerita kehidupan sehari-hari. Oh ya, syuting film ini, perjalanan dari Perancis ke Mekkahnya benar-benar dilakukan dengan menaiki mobil, dan pas setting ibadah hajinya dilakukan pas dengan bulan haji, jadi memang benar-benar itu setting ibadah haji sesungguhnya. Wew, keren dah pokoknya ni film, 2 thumb up for this film!! I Love it!! ❤

Masih banyak juga film-film berkualitas, kebanyakan sih film festival yang belum sempat saya tonton karena belum ada di TV maupun susah sekali didapatkan diinternet. Wew..mari hunting film-film world class!! Selamat menonton!! Oh ya, jangan lupa cintai film Indonesia, tapi pinter-pinter aja milih film yang bagus ya!! Maju terus perfilman Indonesia!!

11 thoughts on “Le Grand Voyage

  1. Katanya sih bagus nih film,, gw dah download tp belum sempet di tonton,,,

    Film bagus byk selain dr film holywood,,

    • yoyoi Gun, emang bagus nih film, ceritanya seru, sempatkanlah menonton, g bakalan rugi kok, hehe..Btul bgt, film bagus g melulu dr hollywood aja, film2 festival mnurut gw lebih berbobot, cz ceritanya unik & menarik..lagi hunting nih film2 keren laennya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s